Langsung ke konten utama

INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION - Karakteristik Digital Marketing

 Halo Teman-teman, 

Kembali lagi ke pertemuan berikutnya, dalam blog kali ini masih membahas tentang Integrated Marketing Communication yang fokusnya tentang Karakteristik Digital Marketing.


Karakteristik Digital Marketing

Apa saja yang membedakan era digital marketing dengan pemasaran tradisional?

1. Konsumen

Konsumen skrg lebih terinformasi, lebih berdaya Sebelum beli produk, konsumen akan mencari informasi dulu dengan browsing, membandingkan harga di e-commerce, dll

Konsumen-konsumen dapat saling terhubung untuk sharing info terkait produk, bahkan bisa menciptakan marketing message sendiri.


2. Strategi Marketing

  • Marketnya saja sudah terkotak-kotak, bukan massal
  • Jadi marketer bakal membuat strategi/program yang paling cocok untuk masing2 segmen
  • Tiap platform punya audiens masing-masing (ex: pengguna IG beda karakternya dengan pengguna FB)
  • Program didesain agar bisa lebih dekat dengan konsumen

3. Teknologi Komunikasi

Digitalisasi membuat perusahaan memikirkan cara baru utk berkomunikasi dgn konsumen, menggunakan perangkat-perangkat teknologi.

Media tradisional (koran, TV, majalah, dll) masih penting tapi dominasinya menurun

Dengan tidak relevannnya mass marketing, advertiser memilih utk memakai media-media yang lebih variatif, specialized, dan highlytargeted; dengan menampilkan pesan2 yang lebih personalized & interaktif.


Dengan perubahan-perubahan tersebut, kini konsumen dibombardir pesan-pesan marketing dan iklan dari berbagai sumber dan media Masalahnya, cara pandang marketer dan konsumen beda. Konsumen tidak membeda2kan sumber/media, hanya berpikir “Oh ini promo dari perusahaan XYZ” Kalau sampai pesan yang ditampilkan di masing2 media beda dan saling bertentangan, akan menimbulkan ketidakjelasan akan imej perusahaan, brand position, dan customer relationship 


Lalu bagaimana agar hal demikian tidak terjadi?

Ada konsep yang dinamakan Integrated Marketing Communication (IMC) Yaitu secara seksama melakukan integrasi & koordinasi berbagai channel komunikasi perusahaan, untuk menyampaikan pesan yang jelas, konsisten, dan memaksa/compelling, mengenai perusahaan dan produknya. 

IMC menampilkan pesan dan imej perusahaan dengan pesan, look, dan feels yang sama, apapun medianya

Jadi ketika konsumen buka web Traveloka/ dapat email promo/ nonton video ads nya di Youtube, konsumen bisa mengetahui bahwa itu traveloka dengan warna biru cerahnya dan logo burung terbangnya.

Pesan yang ditampilkan pun harus feels-nya sama. Konsisten. Setipe pilihan kata atau copywriting-nya/ desain-nya (tone warnanya, font yang dipakai). Konten tidak bertentangan antara iklan di media satu dengan lainnya.


Dalam IMC, pendekatan yang dilakukan marketer tidak hanya jangka pendek seperti immediate awareness, imej brand; Tapi juga memandang komunikasi sebagai upaya mengelola hubungan dengan konsumen sepanjang waktu Dan dengan beragamnya pilihan media serta interactivity, marketer bukan cuma memikirkan “gimana caranya mereach konsumen?” tapi juga “ gimana cara kita membuat konsumen me-reach kita?

Maka dari itu IMC harus dimulai dengan hal yang sangat krusial: cek titik2 mana saja yang memungkinkan untuk bersinggungan dengan calon konsumen  Misal seseorang sebelum membeli skincare akan browsing info lewat web/forum, diskusi dengan teman, melihat iklannya di majalah, cari tau review nya di ecommerce,dll. Marketer skincare harus memahami hal ini lebih dulu Supaya marketer bisa mengalokasikan biaya pemasarannya dengan tepat, efektif dan efisien.


Demikianlah sesi pembahasan untuk pertemuan kita pada hari ini, sampai bertemu di materi selanjutnya.

bye..


Sumber :

PPT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SAP 9-10 Pengantar pemasaran oleh Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Prosesnya

Halo teman-teman dan rekan-rekan, bertemu lagi di blog ini. Masih bertemakan tentang Integrated Marketing Communication, mari kita lihat lagi pengertian, contoh, manfaat dan prosesnya yuk ! Pengertian IMC IMC atau Integrated Marketing Communication adalah suatu marketing strategy yang berfungsi mengkomunikasikan pesan secara konsisten pada semua saluran pemasaran. Integrated Marketing Communication lebih menekankan pada skema pesan setiap bentuk komunikasi yang kemudian dikolaborasikan untuk mendapat konsistensi dan impact komunikasi secara optimal melewati integrasi pesan dalam konsep perencanaan komunikasinya. Kemudian, dalam sebuah buku yang berjudul “ Dasar-Dasar Pemasaran” Kotler dan Amstrong (2004) mengatakan bahwa Integrated Marketing Communication adalah suatu konsep yang diimplementasikan pada suatu perusahaan yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dalam hal koordinasi saluran komunikasi. Manfaat IMC Manfaat dalam IMC adalah sebagai berikut : 1. Hemat Biaya dan