Langsung ke konten utama

INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

 “Marketing is managing profitable customer relationship”


Teman-teman pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Integrated Marketing Communication.

Sebagai permulaan kita akan mulai membahas apa-apa saja teknik marketing, dan juga marketing mix.

Mari kita belajar sama-sama 


Tujuan Ganda Marketing

1. Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value

2. Keep & grow current customer by delivering satisfaction.


MARKETING MIX?


PROMOTION MIX

Promotion Mix, disebut juga dengan Marketing Communication Mix Adalah gabungan tools2 marketing : adv, PR, personal selling, sales promotion, dan direct marketing; yang dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen.

ADVERTISING
  • Specific tools untuk advertising:
  • Iklan broadcast
  • Iklan cetak
  • Internet
  • Mobile
  • OOH
  • dll


Sales Promotion
  • Diskon 
  • Kupon
  • Display
  • Demonstrasi


Personal Selling
  • Sales presentation
  • Trade show
  • Incentive programs


Public Relations
  •  Press Releases
  •  Event
  • Sponsorship
  • Web page


Direct Marketing
  • Katalog
  • Direct-response TV
  • Kios
  • Internet
  • Mobile marketing
  • dll

Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging,
toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen Karenanya semua komponen marketing mix, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, harusnya terkoordinasi.

Marketing Communication 
Beberapa puluh tahun lalu, khususnya di era pemasaran tradisional, marketer hanya mengenal strategi mass-marketing.
Mereka menjual produk yang terstandardisasi, nyaris seragam, pada konsumen yang massal. 
Promosi dilakukan dengan pasang satu jenis iklan untuk me-reach jutaan orang.

Sekarang di era digital, kondisi, teknologi, dan karakteristik audiens berubah.


Sumber : PPT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SAP 9-10 Pengantar pemasaran
oleh Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbai...

Keseruan Zoom Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial"

  Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial" Seminar ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular pada tanggal 20 Januari 2025.  Seminar ini membahas tentang pentingnya komunikasi, kolaborasi, dan penyelesaian konflik dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis.  Pembicara: Bapak Dr. Iwan Armawan, S.E.,M.E. Ibu Lasmauli Noverita Simarmata,S.H.,M.H. Materi Seminar: Pentingnya komunikasi dalam hubungan kerja Cara membangun kolaborasi yang efektif Teknik penyelesaian konflik yang konstruktif Contoh kasus dan studi kasus Peserta Seminar: Seminar ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta, termasuk mahasiswa, dosen, dan praktisi industri. Seminar ini memberikan wawasan yang berharga tentang cara membangun hubungan kerja yang harmonis. Para peserta seminar antusias dengan materi yang disampaikan oleh par...

PERBEDAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION KLASIK DAN SAAT INI

Perbedaan Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dengan IMC saat ini Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas apa perbedaan dari IMC Klasik dan IMC saat ini, yuk mari kita simak!      Integrated Marketing Communication (IMC) adalah strategi pemasaran yang mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.       IMC melibatkan semua divisi manajemen dengan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi seperti iklan, promosi penjualan, publikasi, personal selling, dan pemasaran langsung secara masih dan terus-menerus untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta dampak komunikasi yang maksimal guna mendapatkan peningkatan penjualan. IMC Klasik IMC klasik berfokus pada pengiriman pesan yang sama di semua saluran pemasaran.  Misalnya, jika sepatu merek A memperkenalkan diri sebagai produk mewah...