Langsung ke konten utama

INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

 “Marketing is managing profitable customer relationship”


Teman-teman pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Integrated Marketing Communication.

Sebagai permulaan kita akan mulai membahas apa-apa saja teknik marketing, dan juga marketing mix.

Mari kita belajar sama-sama 


Tujuan Ganda Marketing

1. Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value

2. Keep & grow current customer by delivering satisfaction.


MARKETING MIX?


PROMOTION MIX

Promotion Mix, disebut juga dengan Marketing Communication Mix Adalah gabungan tools2 marketing : adv, PR, personal selling, sales promotion, dan direct marketing; yang dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen.

ADVERTISING
  • Specific tools untuk advertising:
  • Iklan broadcast
  • Iklan cetak
  • Internet
  • Mobile
  • OOH
  • dll


Sales Promotion
  • Diskon 
  • Kupon
  • Display
  • Demonstrasi


Personal Selling
  • Sales presentation
  • Trade show
  • Incentive programs


Public Relations
  •  Press Releases
  •  Event
  • Sponsorship
  • Web page


Direct Marketing
  • Katalog
  • Direct-response TV
  • Kios
  • Internet
  • Mobile marketing
  • dll

Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging,
toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen Karenanya semua komponen marketing mix, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, harusnya terkoordinasi.

Marketing Communication 
Beberapa puluh tahun lalu, khususnya di era pemasaran tradisional, marketer hanya mengenal strategi mass-marketing.
Mereka menjual produk yang terstandardisasi, nyaris seragam, pada konsumen yang massal. 
Promosi dilakukan dengan pasang satu jenis iklan untuk me-reach jutaan orang.

Sekarang di era digital, kondisi, teknologi, dan karakteristik audiens berubah.


Sumber : PPT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SAP 9-10 Pengantar pemasaran
oleh Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Fungsi Karakteristik Media Massa Pers

Halo, bertemu lagi di blog Hukum dan Media Pers. Apa kabar semuanya? semoga sehat selalu ya.. Kali ini fokus pembahasan kita adalah "Fungsi Karakteristik Media Massa Pers" Apa saja sih, yang akan kita bahas? yuk.. langsung saja.. Pers mengandung dua arti : • Arti Sempit : pers hanya merujuk kepada media cetak berkala : surat kabar, tabloid, majalah.  • Arti Luas : pers disebut media massa yang mencakup tiga hal : media cetak berkala, media elektronik auditif radio dan media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online) Internet.  Fungsi Utama Media Massa 1. Informasi (to inform) : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas-luasnya. 2. Edukasi to(educate) : Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi) 3. Koreksi (to influence): Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislative, eksekutif dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, ekse