Langsung ke konten utama

INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

 “Marketing is managing profitable customer relationship”


Teman-teman pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Integrated Marketing Communication.

Sebagai permulaan kita akan mulai membahas apa-apa saja teknik marketing, dan juga marketing mix.

Mari kita belajar sama-sama 


Tujuan Ganda Marketing

1. Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value

2. Keep & grow current customer by delivering satisfaction.


MARKETING MIX?


PROMOTION MIX

Promotion Mix, disebut juga dengan Marketing Communication Mix Adalah gabungan tools2 marketing : adv, PR, personal selling, sales promotion, dan direct marketing; yang dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen.

ADVERTISING
  • Specific tools untuk advertising:
  • Iklan broadcast
  • Iklan cetak
  • Internet
  • Mobile
  • OOH
  • dll


Sales Promotion
  • Diskon 
  • Kupon
  • Display
  • Demonstrasi


Personal Selling
  • Sales presentation
  • Trade show
  • Incentive programs


Public Relations
  •  Press Releases
  •  Event
  • Sponsorship
  • Web page


Direct Marketing
  • Katalog
  • Direct-response TV
  • Kios
  • Internet
  • Mobile marketing
  • dll

Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging,
toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen Karenanya semua komponen marketing mix, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, harusnya terkoordinasi.

Marketing Communication 
Beberapa puluh tahun lalu, khususnya di era pemasaran tradisional, marketer hanya mengenal strategi mass-marketing.
Mereka menjual produk yang terstandardisasi, nyaris seragam, pada konsumen yang massal. 
Promosi dilakukan dengan pasang satu jenis iklan untuk me-reach jutaan orang.

Sekarang di era digital, kondisi, teknologi, dan karakteristik audiens berubah.


Sumber : PPT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SAP 9-10 Pengantar pemasaran
oleh Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Prosesnya

Halo teman-teman dan rekan-rekan, bertemu lagi di blog ini. Masih bertemakan tentang Integrated Marketing Communication, mari kita lihat lagi pengertian, contoh, manfaat dan prosesnya yuk ! Pengertian IMC IMC atau Integrated Marketing Communication adalah suatu marketing strategy yang berfungsi mengkomunikasikan pesan secara konsisten pada semua saluran pemasaran. Integrated Marketing Communication lebih menekankan pada skema pesan setiap bentuk komunikasi yang kemudian dikolaborasikan untuk mendapat konsistensi dan impact komunikasi secara optimal melewati integrasi pesan dalam konsep perencanaan komunikasinya. Kemudian, dalam sebuah buku yang berjudul “ Dasar-Dasar Pemasaran” Kotler dan Amstrong (2004) mengatakan bahwa Integrated Marketing Communication adalah suatu konsep yang diimplementasikan pada suatu perusahaan yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dalam hal koordinasi saluran komunikasi. Manfaat IMC Manfaat dalam IMC adalah sebagai berikut : 1. Hemat Biaya dan