“Marketing is managing profitable customer relationship”
Teman-teman pertemuan kali ini kita akan membahas tentang Integrated Marketing Communication.
Sebagai permulaan kita akan mulai membahas apa-apa saja teknik marketing, dan juga marketing mix.
Mari kita belajar sama-sama
Tujuan Ganda Marketing
1. Menarik konsumen baru dengan menjanjikan superior value
2. Keep & grow current customer by delivering satisfaction.
MARKETING MIX?
PROMOTION MIX
Promotion Mix, disebut juga dengan Marketing Communication Mix Adalah gabungan tools2 marketing : adv, PR, personal selling, sales promotion, dan direct marketing; yang dipakai perusahaan untuk mengkomunikasikan customer value secara persuasif & membangun hubungan dengan konsumen.
ADVERTISING
- Specific tools untuk advertising:
- Iklan broadcast
- Iklan cetak
- Internet
- Mobile
- OOH
- dll
Sales Promotion
- Diskon
- Kupon
- Display
- Demonstrasi
Personal Selling
- Sales presentation
- Trade show
- Incentive programs
Public Relations
- Press Releases
- Event
- Sponsorship
- Web page
Direct Marketing
- Katalog
- Direct-response TV
- Kios
- Internet
- Mobile marketing
- dll
Akan tetapi, sebenarnya komponen marketing mix lainnya (desain product, price, packaging,
toko yang menjualnya) harus juga bisa mengkomunikasikan produk pada konsumen Karenanya semua komponen marketing mix, mulai dari Product, Price, Place, Promotion, harusnya terkoordinasi.
Marketing Communication
Beberapa puluh tahun lalu, khususnya di era
pemasaran tradisional, marketer hanya mengenal
strategi mass-marketing.
Mereka menjual produk yang terstandardisasi,
nyaris seragam, pada konsumen yang massal.
Promosi dilakukan dengan pasang satu jenis iklan
untuk me-reach jutaan orang.
Sekarang di era digital, kondisi, teknologi, dan
karakteristik audiens berubah.
Sumber : PPT INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SAP 9-10 Pengantar pemasaran
oleh Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC., C.PS., C.STMI
Komentar
Posting Komentar