Langsung ke konten utama

WARTAWAN DAN JURNALISTIK





 

Halo teman-teman bertemu lagi di blog ini..

Masih di Hukum dan Media Pers, kali ini kita akan membahas tentang "Wartawan dan Jurnalistik"


Penasaran apa saja yang akan kita bahas? Mari langsung saja yuk..


MEDIA JURNALISTIK

Apa saja media jurnalistik itu? , ini yang perlu anda ketahui :

  1. Jurnalistik Cetak (Printed Journalism)
  2. Jurnalistik Radio (Radio Journalism)
  3. Jurnalistik Televisi (TV Journalism)
  4. Jurnalistik Daring (Online Journalism)

Siapa Itu WARTAWAN? Wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta .


PERAN DAN TANGGUNG JAWAB WARTAWAN

  • Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secarateratur.
  • Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan.
  • Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.


PRINSIP JURNALISTIK
  1. Berdasarkan fakta dan kebenaran.
  2. Bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  3. Bahasa yang mudah dimengerti.
  4. Berita berisikan 5W+1H (what, when, who, why, where, how)
  5. Struktur piramida terbalik (mendahulukan informasi terpenting sebelum informasi tambahan)
  6. Memperhatikan tanda baca.
KUALIFIKASI WARTAWAN 
  • Menaati Kode Etik (Codes of Conduct)
  • Menguasai Bidang Liputan (Beat)
  • Menguasai Teknik Jurnalistik (J-Skills)
Bagaimana cara kerja wartawan ?
-Datang ke lokasi apapun yang terjadi
-Amati, perhatikan, catat semua hal
-Ramu menjadi sebuah berita
-Upload berita


JURNALIS

1. Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita(peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita(writing), penyuntingan naskah berita(editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

2. Kata kunci dalam pengertian jurnalistik adalah berita dan penyebarluasan (publikasi).


Nah, teman-teman sekarang kita sudah memahami ya apa dan siapa itu wartawan dan jurmalis..

Semakin menarik bukan?

Tetap tunggu pembahasan di blog selanjutnya ya..

Terima Kasih😊



Refrensi dari : PPT  WARTAWAN DAN JURNALISTIK oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Prosesnya

Halo teman-teman dan rekan-rekan, bertemu lagi di blog ini. Masih bertemakan tentang Integrated Marketing Communication, mari kita lihat lagi pengertian, contoh, manfaat dan prosesnya yuk ! Pengertian IMC IMC atau Integrated Marketing Communication adalah suatu marketing strategy yang berfungsi mengkomunikasikan pesan secara konsisten pada semua saluran pemasaran. Integrated Marketing Communication lebih menekankan pada skema pesan setiap bentuk komunikasi yang kemudian dikolaborasikan untuk mendapat konsistensi dan impact komunikasi secara optimal melewati integrasi pesan dalam konsep perencanaan komunikasinya. Kemudian, dalam sebuah buku yang berjudul “ Dasar-Dasar Pemasaran” Kotler dan Amstrong (2004) mengatakan bahwa Integrated Marketing Communication adalah suatu konsep yang diimplementasikan pada suatu perusahaan yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dalam hal koordinasi saluran komunikasi. Manfaat IMC Manfaat dalam IMC adalah sebagai berikut : 1. Hemat Biaya dan