Langsung ke konten utama

WARTAWAN DAN JURNALISTIK





 

Halo teman-teman bertemu lagi di blog ini..

Masih di Hukum dan Media Pers, kali ini kita akan membahas tentang "Wartawan dan Jurnalistik"


Penasaran apa saja yang akan kita bahas? Mari langsung saja yuk..


MEDIA JURNALISTIK

Apa saja media jurnalistik itu? , ini yang perlu anda ketahui :

  1. Jurnalistik Cetak (Printed Journalism)
  2. Jurnalistik Radio (Radio Journalism)
  3. Jurnalistik Televisi (TV Journalism)
  4. Jurnalistik Daring (Online Journalism)

Siapa Itu WARTAWAN? Wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta .


PERAN DAN TANGGUNG JAWAB WARTAWAN

  • Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secarateratur.
  • Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan.
  • Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.


PRINSIP JURNALISTIK
  1. Berdasarkan fakta dan kebenaran.
  2. Bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  3. Bahasa yang mudah dimengerti.
  4. Berita berisikan 5W+1H (what, when, who, why, where, how)
  5. Struktur piramida terbalik (mendahulukan informasi terpenting sebelum informasi tambahan)
  6. Memperhatikan tanda baca.
KUALIFIKASI WARTAWAN 
  • Menaati Kode Etik (Codes of Conduct)
  • Menguasai Bidang Liputan (Beat)
  • Menguasai Teknik Jurnalistik (J-Skills)
Bagaimana cara kerja wartawan ?
-Datang ke lokasi apapun yang terjadi
-Amati, perhatikan, catat semua hal
-Ramu menjadi sebuah berita
-Upload berita


JURNALIS

1. Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita(peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita(writing), penyuntingan naskah berita(editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

2. Kata kunci dalam pengertian jurnalistik adalah berita dan penyebarluasan (publikasi).


Nah, teman-teman sekarang kita sudah memahami ya apa dan siapa itu wartawan dan jurmalis..

Semakin menarik bukan?

Tetap tunggu pembahasan di blog selanjutnya ya..

Terima Kasih😊



Refrensi dari : PPT  WARTAWAN DAN JURNALISTIK oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Fungsi Karakteristik Media Massa Pers

Halo, bertemu lagi di blog Hukum dan Media Pers. Apa kabar semuanya? semoga sehat selalu ya.. Kali ini fokus pembahasan kita adalah "Fungsi Karakteristik Media Massa Pers" Apa saja sih, yang akan kita bahas? yuk.. langsung saja.. Pers mengandung dua arti : • Arti Sempit : pers hanya merujuk kepada media cetak berkala : surat kabar, tabloid, majalah.  • Arti Luas : pers disebut media massa yang mencakup tiga hal : media cetak berkala, media elektronik auditif radio dan media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online) Internet.  Fungsi Utama Media Massa 1. Informasi (to inform) : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas-luasnya. 2. Edukasi to(educate) : Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi) 3. Koreksi (to influence): Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislative, eksekutif dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, ekse