Langsung ke konten utama

WARTAWAN DAN JURNALISTIK





 

Halo teman-teman bertemu lagi di blog ini..

Masih di Hukum dan Media Pers, kali ini kita akan membahas tentang "Wartawan dan Jurnalistik"


Penasaran apa saja yang akan kita bahas? Mari langsung saja yuk..


MEDIA JURNALISTIK

Apa saja media jurnalistik itu? , ini yang perlu anda ketahui :

  1. Jurnalistik Cetak (Printed Journalism)
  2. Jurnalistik Radio (Radio Journalism)
  3. Jurnalistik Televisi (TV Journalism)
  4. Jurnalistik Daring (Online Journalism)

Siapa Itu WARTAWAN? Wartawan adalah orang yang pekerjaannya mencari dan menyusun berita untuk dimuat dalam surat kabar, majalah, radio, dan televisi. Wartawan disebut juga juru warta .


PERAN DAN TANGGUNG JAWAB WARTAWAN

  • Menulis, menganalisis, dan melaporkan suatu peristiwa kepada khalayak melalui media massa secarateratur.
  • Memeriksa keautentikan suatu informasi yang akan disampaikan.
  • Melakukan wawancara kepada narasumber demi memperoleh informasi akurat untuk disampaikan ke publik.


PRINSIP JURNALISTIK
  1. Berdasarkan fakta dan kebenaran.
  2. Bahasa yang singkat, padat, dan jelas.
  3. Bahasa yang mudah dimengerti.
  4. Berita berisikan 5W+1H (what, when, who, why, where, how)
  5. Struktur piramida terbalik (mendahulukan informasi terpenting sebelum informasi tambahan)
  6. Memperhatikan tanda baca.
KUALIFIKASI WARTAWAN 
  • Menaati Kode Etik (Codes of Conduct)
  • Menguasai Bidang Liputan (Beat)
  • Menguasai Teknik Jurnalistik (J-Skills)
Bagaimana cara kerja wartawan ?
-Datang ke lokasi apapun yang terjadi
-Amati, perhatikan, catat semua hal
-Ramu menjadi sebuah berita
-Upload berita


JURNALIS

1. Jurnalistik adalah pengumpulan bahan berita(peliputan), pelaporan peristiwa (reporting), penulisan berita(writing), penyuntingan naskah berita(editing), dan penyajian atau penyebarluasan berita (publishing/broadcasting) melalui media.

2. Kata kunci dalam pengertian jurnalistik adalah berita dan penyebarluasan (publikasi).


Nah, teman-teman sekarang kita sudah memahami ya apa dan siapa itu wartawan dan jurmalis..

Semakin menarik bukan?

Tetap tunggu pembahasan di blog selanjutnya ya..

Terima Kasih😊



Refrensi dari : PPT  WARTAWAN DAN JURNALISTIK oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbai...

Keseruan Zoom Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial"

  Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial" Seminar ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular pada tanggal 20 Januari 2025.  Seminar ini membahas tentang pentingnya komunikasi, kolaborasi, dan penyelesaian konflik dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis.  Pembicara: Bapak Dr. Iwan Armawan, S.E.,M.E. Ibu Lasmauli Noverita Simarmata,S.H.,M.H. Materi Seminar: Pentingnya komunikasi dalam hubungan kerja Cara membangun kolaborasi yang efektif Teknik penyelesaian konflik yang konstruktif Contoh kasus dan studi kasus Peserta Seminar: Seminar ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta, termasuk mahasiswa, dosen, dan praktisi industri. Seminar ini memberikan wawasan yang berharga tentang cara membangun hubungan kerja yang harmonis. Para peserta seminar antusias dengan materi yang disampaikan oleh par...

PERBEDAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION KLASIK DAN SAAT INI

Perbedaan Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dengan IMC saat ini Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas apa perbedaan dari IMC Klasik dan IMC saat ini, yuk mari kita simak!      Integrated Marketing Communication (IMC) adalah strategi pemasaran yang mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.       IMC melibatkan semua divisi manajemen dengan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi seperti iklan, promosi penjualan, publikasi, personal selling, dan pemasaran langsung secara masih dan terus-menerus untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta dampak komunikasi yang maksimal guna mendapatkan peningkatan penjualan. IMC Klasik IMC klasik berfokus pada pengiriman pesan yang sama di semua saluran pemasaran.  Misalnya, jika sepatu merek A memperkenalkan diri sebagai produk mewah...