Haloo semua, kembali lagi di pembahasan mengenai PR Writing yang sudah kita tungu-tunggu,
untuk kali ini kita akan membahas tentang "Memahami PR Writing dalam Memperkuat Budaya Merk"
WRITING PR & CYBER PR
Writing PR Teknik penulisan HUMAS (Public Relations Writing) adalah keterampilan menulis (Writing Skill) khas humas/PR dalam menghasilkan naskah - naskah yang di perlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan/organisasi.
Tipe-tipe penulisan atau naskah PR dapat dibagi menjadi dua bagian:
- Berkaitan dengan Media Relations/Press Relations
- Berkaitan dengan media promosi
Cyber Public Relations
Perkembangan internet terhadap pekerjaan PR/HUMAS semakin menuntut kemampuan, ketrampilan dan wawasan yang cukup. Saat ini media on-line dan jejaring sosial sudah sangat akrab di masyarakat, dan menjadi sumber arus informasi selain media koran, televisi dan radio.
Perkembangan media online dan jejaring sosial senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi. Peran individu bukan lagi objek pihak lain (media dan institusi), tetapi telah berubah menjadi subjek yang mempengaruhi opini publik.
Dengan pola distribusi one to many, biaya operasional yang rendah, mobile serta kemandirian menentukan agenda setting, membuat peran mereka menjadi sangat kuat (powerfull). Bahkan menjadi terlihat setara dengan kepala redaksi, editor, atau pemilik media massa lainnya (Cetak, Radio, TV) yang notabene lebih banyak mengeluarkan effort dan kontrol sosial yang lebih ketat.
Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara dan/atau video ke situs berita, dan dapat mengikuti diskusi dengan komunitas yang berkaitan atau berhubungan dengan core business organisasi.
Kelebihan Online PR :
• Komunikasi konstan
• Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari)
• Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global
• Respons yang cepat
• Interaktif, komunikasi dua arah
• Hemat.
Sedangkan Offline PR :
• Relations
• Reputasi
• Relevansi.
Media Online PR :
• Milis
• Newsletter elektronik
• Blog
• Youtube
Nah, sampailah kita di akhir sesi pembahasan kita kali ini.
Jangan lewatkan pembahasan materi tentang PR Writing selanjutnya ya.
Thank you 😊
Refrensi dari : PPt 6 _ PR Writing memperuat budaya merk oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.
Komentar
Posting Komentar