Langsung ke konten utama

MEMAHAMI PR WRITING DALAM MEMPERKUAT BUDAYA MEREK

 



Haloo semua, kembali lagi di pembahasan mengenai PR Writing yang sudah kita tungu-tunggu,

untuk kali ini kita akan membahas tentang "Memahami PR Writing dalam Memperkuat Budaya Merk"


WRITING PR & CYBER PR 

Writing PR Teknik penulisan HUMAS (Public Relations Writing) adalah keterampilan menulis (Writing Skill) khas humas/PR dalam menghasilkan naskah - naskah yang di perlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan/organisasi. 

Tipe-tipe penulisan atau naskah PR dapat dibagi menjadi dua bagian: 

- Berkaitan dengan Media Relations/Press Relations

- Berkaitan dengan media promosi 


Cyber Public Relations 

Perkembangan internet terhadap pekerjaan PR/HUMAS semakin menuntut kemampuan, ketrampilan dan wawasan yang cukup. Saat ini media on-line dan jejaring sosial sudah sangat akrab di masyarakat, dan menjadi sumber arus informasi selain media koran, televisi dan radio. 

Perkembangan media online dan jejaring sosial senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi. Peran individu bukan lagi objek pihak lain (media dan institusi), tetapi telah berubah menjadi subjek yang mempengaruhi opini publik. 

Dengan pola distribusi one to many, biaya operasional yang rendah, mobile serta kemandirian menentukan agenda setting, membuat peran mereka menjadi sangat kuat (powerfull). Bahkan menjadi terlihat setara dengan kepala redaksi, editor, atau pemilik media massa lainnya (Cetak, Radio, TV) yang notabene lebih banyak mengeluarkan effort dan kontrol sosial yang lebih ketat. 

Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara dan/atau video ke situs berita, dan dapat mengikuti diskusi dengan komunitas yang berkaitan atau berhubungan dengan core business organisasi.

Kelebihan Online PR :

• Komunikasi konstan 

• Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari) 

• Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global 

• Respons yang cepat 

• Interaktif, komunikasi dua arah 

• Hemat. 


Sedangkan Offline PR :

• Relations 

• Reputasi 

• Relevansi.


Media Online PR :

• E-mail 

• Milis 

• Newsletter elektronik 

• Blog 

• Facebook 

• Youtube


Nah, sampailah kita di akhir sesi pembahasan kita kali ini.

Jangan lewatkan pembahasan materi tentang PR Writing selanjutnya ya.


Thank you 😊




Refrensi dari : PPt 6 _ PR Writing memperuat budaya merk oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbai...

Keseruan Zoom Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial"

  Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial" Seminar ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular pada tanggal 20 Januari 2025.  Seminar ini membahas tentang pentingnya komunikasi, kolaborasi, dan penyelesaian konflik dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis.  Pembicara: Bapak Dr. Iwan Armawan, S.E.,M.E. Ibu Lasmauli Noverita Simarmata,S.H.,M.H. Materi Seminar: Pentingnya komunikasi dalam hubungan kerja Cara membangun kolaborasi yang efektif Teknik penyelesaian konflik yang konstruktif Contoh kasus dan studi kasus Peserta Seminar: Seminar ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta, termasuk mahasiswa, dosen, dan praktisi industri. Seminar ini memberikan wawasan yang berharga tentang cara membangun hubungan kerja yang harmonis. Para peserta seminar antusias dengan materi yang disampaikan oleh par...

PERBEDAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION KLASIK DAN SAAT INI

Perbedaan Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dengan IMC saat ini Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas apa perbedaan dari IMC Klasik dan IMC saat ini, yuk mari kita simak!      Integrated Marketing Communication (IMC) adalah strategi pemasaran yang mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.       IMC melibatkan semua divisi manajemen dengan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi seperti iklan, promosi penjualan, publikasi, personal selling, dan pemasaran langsung secara masih dan terus-menerus untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta dampak komunikasi yang maksimal guna mendapatkan peningkatan penjualan. IMC Klasik IMC klasik berfokus pada pengiriman pesan yang sama di semua saluran pemasaran.  Misalnya, jika sepatu merek A memperkenalkan diri sebagai produk mewah...