Langsung ke konten utama

MEMAHAMI PR WRITING DALAM MEMPERKUAT BUDAYA MEREK

 



Haloo semua, kembali lagi di pembahasan mengenai PR Writing yang sudah kita tungu-tunggu,

untuk kali ini kita akan membahas tentang "Memahami PR Writing dalam Memperkuat Budaya Merk"


WRITING PR & CYBER PR 

Writing PR Teknik penulisan HUMAS (Public Relations Writing) adalah keterampilan menulis (Writing Skill) khas humas/PR dalam menghasilkan naskah - naskah yang di perlukan untuk kepentingan pencitraan positif dan popularitas perusahaan/organisasi. 

Tipe-tipe penulisan atau naskah PR dapat dibagi menjadi dua bagian: 

- Berkaitan dengan Media Relations/Press Relations

- Berkaitan dengan media promosi 


Cyber Public Relations 

Perkembangan internet terhadap pekerjaan PR/HUMAS semakin menuntut kemampuan, ketrampilan dan wawasan yang cukup. Saat ini media on-line dan jejaring sosial sudah sangat akrab di masyarakat, dan menjadi sumber arus informasi selain media koran, televisi dan radio. 

Perkembangan media online dan jejaring sosial senantiasa berubah sesuai dengan perkembangan teknologi komunikasi. Peran individu bukan lagi objek pihak lain (media dan institusi), tetapi telah berubah menjadi subjek yang mempengaruhi opini publik. 

Dengan pola distribusi one to many, biaya operasional yang rendah, mobile serta kemandirian menentukan agenda setting, membuat peran mereka menjadi sangat kuat (powerfull). Bahkan menjadi terlihat setara dengan kepala redaksi, editor, atau pemilik media massa lainnya (Cetak, Radio, TV) yang notabene lebih banyak mengeluarkan effort dan kontrol sosial yang lebih ketat. 

Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus. PR dapat menyampaikan siaran pers, artikel, foto, suara dan/atau video ke situs berita, dan dapat mengikuti diskusi dengan komunitas yang berkaitan atau berhubungan dengan core business organisasi.

Kelebihan Online PR :

• Komunikasi konstan 

• Internet bekerja selama 24/7 (24 jam x 7 hari) 

• Potensi target publik seluruh dunia - Pasar global 

• Respons yang cepat 

• Interaktif, komunikasi dua arah 

• Hemat. 


Sedangkan Offline PR :

• Relations 

• Reputasi 

• Relevansi.


Media Online PR :

• E-mail 

• Milis 

• Newsletter elektronik 

• Blog 

• Facebook 

• Youtube


Nah, sampailah kita di akhir sesi pembahasan kita kali ini.

Jangan lewatkan pembahasan materi tentang PR Writing selanjutnya ya.


Thank you 😊




Refrensi dari : PPt 6 _ PR Writing memperuat budaya merk oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Fungsi Karakteristik Media Massa Pers

Halo, bertemu lagi di blog Hukum dan Media Pers. Apa kabar semuanya? semoga sehat selalu ya.. Kali ini fokus pembahasan kita adalah "Fungsi Karakteristik Media Massa Pers" Apa saja sih, yang akan kita bahas? yuk.. langsung saja.. Pers mengandung dua arti : • Arti Sempit : pers hanya merujuk kepada media cetak berkala : surat kabar, tabloid, majalah.  • Arti Luas : pers disebut media massa yang mencakup tiga hal : media cetak berkala, media elektronik auditif radio dan media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online) Internet.  Fungsi Utama Media Massa 1. Informasi (to inform) : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas-luasnya. 2. Edukasi to(educate) : Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi) 3. Koreksi (to influence): Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislative, eksekutif dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, ekse