Langsung ke konten utama

Belajar Memahami Public Relation Tools dan Prakteknya

Halo teman-teman untuk materi yang akan saya share pertama ini akan membahas materi dan memahami Public Relation Tools dan Prakteknya.

Jenis-Jenis Publisitas dan Media Relations :


- Press Release merupakan kegiatan menulis berita tentang perusahaan untuk media.

- Press Conference merupakan kegiatan menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara langsung mengundang perusahaan.

- Press Tours merupakan kegiatan mengundang wartawan untuk berkunjung ke perusahaan.

- Press Party merupakan kegiatan menjamu wartawan untuk makan bersama.

- Press Receptions merupakan kegiatan mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan.

- Media Gathering merupakan kegiatan mengumpulkan media dalam sebuah forum.


Jenis-Jenis Special Events:

- Open house atau company visit Memberi peluang kepada public untuk megenal lebih dekat perusahaan dengan berkunjung langsung ke perusahaan.

- Fundraises: Kegiatan menumpulkan dana.

- Trade Show: Mengadakan pameran dagang.

- Awards Ceremonies :Acara pemberian penghargaan.

- Contest :Lomba – lomba.

- Seminar :mengadakan seminar dengan tema yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, baik sebagai penyelenggara atau sebagai pembicara.

- Corporate Advertising Iklan-iklan korporat untuk menunjang citra.

- Newsletter ini adalah media tulisan yang bisa dipergunakan untuk internal maupun eksternal public.

- Charitable Contributions Kegiatan-kegiatan amal untuk membantu masyarakat.

- Thank you notes and letters Ucapan-ucapan terima kasih kepada public.

- Audio-visual instrument. Misalnya membuat company profile berbentuk audiovisual dan materi presentasi dihadapan public.

- Sponsorships Menjadi sponsor berbagai event di masyarakat, antara lain menjadi sponsor pada acara olahraga.

- Letters of denial Surat klarifikasi atas sebuah informasi yang tidak benar yang disampaikan ke media.

Demikian materi pembahasan kita pada kesempatan ini, sampai ketemu lagi di materi berikutnya..😀😁😄


Refrensi dari : Materi PPt3_ PR Tools dan Prakteknya oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Integrated Marketing Communication: Pengertian, Contoh, Manfaat, dan Prosesnya

Halo teman-teman dan rekan-rekan, bertemu lagi di blog ini. Masih bertemakan tentang Integrated Marketing Communication, mari kita lihat lagi pengertian, contoh, manfaat dan prosesnya yuk ! Pengertian IMC IMC atau Integrated Marketing Communication adalah suatu marketing strategy yang berfungsi mengkomunikasikan pesan secara konsisten pada semua saluran pemasaran. Integrated Marketing Communication lebih menekankan pada skema pesan setiap bentuk komunikasi yang kemudian dikolaborasikan untuk mendapat konsistensi dan impact komunikasi secara optimal melewati integrasi pesan dalam konsep perencanaan komunikasinya. Kemudian, dalam sebuah buku yang berjudul “ Dasar-Dasar Pemasaran” Kotler dan Amstrong (2004) mengatakan bahwa Integrated Marketing Communication adalah suatu konsep yang diimplementasikan pada suatu perusahaan yang penerapannya dilakukan secara hati-hati dalam hal koordinasi saluran komunikasi. Manfaat IMC Manfaat dalam IMC adalah sebagai berikut : 1. Hemat Biaya dan