Langsung ke konten utama

Belajar Memahami Public Relation Tools dan Prakteknya

Halo teman-teman untuk materi yang akan saya share pertama ini akan membahas materi dan memahami Public Relation Tools dan Prakteknya.

Jenis-Jenis Publisitas dan Media Relations :


- Press Release merupakan kegiatan menulis berita tentang perusahaan untuk media.

- Press Conference merupakan kegiatan menyampaikan informasi tentang perusahaan dengan secara langsung mengundang perusahaan.

- Press Tours merupakan kegiatan mengundang wartawan untuk berkunjung ke perusahaan.

- Press Party merupakan kegiatan menjamu wartawan untuk makan bersama.

- Press Receptions merupakan kegiatan mengadakan acara khusus pertemuan dengan wartawan.

- Media Gathering merupakan kegiatan mengumpulkan media dalam sebuah forum.


Jenis-Jenis Special Events:

- Open house atau company visit Memberi peluang kepada public untuk megenal lebih dekat perusahaan dengan berkunjung langsung ke perusahaan.

- Fundraises: Kegiatan menumpulkan dana.

- Trade Show: Mengadakan pameran dagang.

- Awards Ceremonies :Acara pemberian penghargaan.

- Contest :Lomba – lomba.

- Seminar :mengadakan seminar dengan tema yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat, baik sebagai penyelenggara atau sebagai pembicara.

- Corporate Advertising Iklan-iklan korporat untuk menunjang citra.

- Newsletter ini adalah media tulisan yang bisa dipergunakan untuk internal maupun eksternal public.

- Charitable Contributions Kegiatan-kegiatan amal untuk membantu masyarakat.

- Thank you notes and letters Ucapan-ucapan terima kasih kepada public.

- Audio-visual instrument. Misalnya membuat company profile berbentuk audiovisual dan materi presentasi dihadapan public.

- Sponsorships Menjadi sponsor berbagai event di masyarakat, antara lain menjadi sponsor pada acara olahraga.

- Letters of denial Surat klarifikasi atas sebuah informasi yang tidak benar yang disampaikan ke media.

Demikian materi pembahasan kita pada kesempatan ini, sampai ketemu lagi di materi berikutnya..😀😁😄


Refrensi dari : Materi PPt3_ PR Tools dan Prakteknya oleh Ibu Serepina Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., C.AC.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbaikan

Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya.

Halo teman-teman, Pada blog kali ini, kita akan membahas  "Apa itu Integrated Marketing Comunication? Berikut Pengertian, dan Strateginya." Pengertian Integrated Marketing Comunication Integrated Marketing Communication atau IMC (Komunikasi pemasaran terpadu) adalah strategi pemasaran yang digunakan oleh bisnis Anda untuk menyampaikan pesan yang konsisten melalui semua saluran pemasaran. Tujuan utama dari strategi IMC adalah mempengaruhi audiens secara menyeluruh, mencakup tingkat kognitif, afektif, dan konatif. Strategi ini melibatkan penggunaan elemen promosi yang dapat dibagi menjadi dua kategori, yaitu soft sell dan hard sell. Soft sell mencakup kegiatan seperti periklanan, hubungan masyarakat (public relations), tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dan pemasaran interaktif, dengan tujuan mempengaruhi persepsi dan emosi konsumen. Di sisi lain, hard sell melibatkan kegiatan seperti penjualan personal, pemasaran langsung (direct marketing), dan promosi penjualan untuk me

Fungsi Karakteristik Media Massa Pers

Halo, bertemu lagi di blog Hukum dan Media Pers. Apa kabar semuanya? semoga sehat selalu ya.. Kali ini fokus pembahasan kita adalah "Fungsi Karakteristik Media Massa Pers" Apa saja sih, yang akan kita bahas? yuk.. langsung saja.. Pers mengandung dua arti : • Arti Sempit : pers hanya merujuk kepada media cetak berkala : surat kabar, tabloid, majalah.  • Arti Luas : pers disebut media massa yang mencakup tiga hal : media cetak berkala, media elektronik auditif radio dan media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online) Internet.  Fungsi Utama Media Massa 1. Informasi (to inform) : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas-luasnya. 2. Edukasi to(educate) : Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi) 3. Koreksi (to influence): Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislative, eksekutif dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, ekse