Langsung ke konten utama

Pemahaman Mengenai Hukum Etika Komunikasi Massa

Halo Teman-teman semua, sudah sangat lama ya kita belum membahas mengenai Hukum dan Media Pers.

Apa kabar teman-teman semua? semoga selalu dalam keadaan sehat ya...

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai " Hukum Etika Komunikasi Massa "


Etika komunikasi massa diterapkan perusahaan media massa ketika menjalankan proses komunikasi. Hendaknya etika tersebut selalu menjadi pedoman bagi media massa dalam menyampaikan informasi. Salah satu peran penting etika komunikasi massa adalah menjadi pedoman bagi para pekerja media dalam mencari, meliput, dan melaporkan informasi kepada masyarakat.


Pengertian etika komunikasi massa 

Menurut Selviana Teras Widy Rahayu dan Ruisah dalam jurnal Pelanggaran UU ITE pada Media Sosial dalam Etika Komunikasi Massa (2020), etika komunikasi massa adalah seperangkat moral yang menjadi pedoman bagi para praktisi komunikasi massa dalam menjalankan tugas serta kewajiban profesionalnya. Dikutip dari buku Manajemen Komunikasi Digital Terkini (2021) karya Rahmanita Ginting, dkk, sebenarnya etika dalam konteks komunikasi mencoba mengelaborasi standar etis yang digunakan komunikator dan komunikan. Jika dikaitkan dengan komunikasi massa, berarti komunikatornya adalah pihak pelaku komunikasi massa, seperti perusahaan media massa, jurnalis, penyiar, dan sebagainya. Sementara komunikannya, masyarakat luas atau publik.


Etika media

Adalah cabang filsafat yang membantu para pekerja profesional media untuk punya standar moral. Intinya, etika media mempelajari bagaimana pekerja media harus bertindak dalam berbagai situasi atau kondisi. Etika media mengharuskan para pekerja media untuk bersikap etis saat menjalankan profesinya. Etika ini juga sangat diperlukan untuk menjadi pedoman serta menuntun para pekerja media untuk tetap bertanggung jawab saat bertugas.


Hukum dan Etika Media massa

Hukum dan etika media komunikasi merupakan peraturan perilaku formal yang dipaksakan oleh otoritas berdaulat, seperti pemerintah kepada rakyat atau warga negaranya. Dalam ranah media massa, ada beberapa regulasi yang mengatur penyelenggaraan dan pemanfaatan media massa. 

Selain undang-undang dan peraturanperaturan lain yang dibuat oleh lembaga legislatif ataupun pemerintah tersebut, perlu adanya pedoman berperilaku lain yang tidak memberi sanksi fisik, baik berupa penjara atau denda, namun lebih pada sanksi moral untuk mengatur manusia dalam berinteraksi dengan media yang memiliki aspek yang kompleks berupa etika (Wilensky, 2005: 167).


Kesimpulan

Media massa merupakan alat yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Penawaran yang dilakukan oleh media bisa jadi mendukung khalayaknya menjadi lebih baik atau mengempiskan kepercayaan dirinya. 

Karena media merupakan alat penyebaran ideologi yang sangat berpengaruh di era globalisasi ini dan media merupakan alat yang digunakan untuk mengirimkan informasi sehingga globalisasi dan budaya dapat diterima dengan baik Media massa seharusnya  mampu memberikan sesuatu yang benar-benar mendidik masyarakat bukan hanya sekedar  menghibur namun juga masyarakat harus lebih mampu menilai suatu berita apakah mendidik atau tidak.


Sampailah kita dia akhir sesi ini, sampai berjumpa di sesi selanjutnya..


Terima Kasih



Referensi dari :

  • VANYA KARUNIA MULIA PUTRI. (2022). "Etika Komunikasi Massa: Pengertian dan Cakupan Bidangnya". Diakses dari https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/21/090000169/etika-komunikasi-massa--pengertian-dan-cakupan-bidangnya?
  • Anna Nur Rahma Asyifa. (2021). "Hukum dan Etika Media Massa Era Global". Diakses dari https://www.kompasiana.com/00222/61a3b07762a70436c44ee683/hukum-dan-etika-media-massa-era-global?




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hubungan Industrial: Salah Satu Kunci Sukses Dunia Kerja

Halo Teman-teman,  Di Blog sebelumnya kita telah membahas apa itu Hubungan Industrial.. Nah, pada blog kali ini akan kita akan bahas lebih dalam lagi mengapa Hubungan Industrial bisa disebut sebagai salah satu kunci sukses dunia pekerjaan. Hubungan industrial adalah interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang adil, harmonis, dan produktif. Hubungan industrial merupakan suatu bidang yang membahas interaksi antara pekerja, pengusaha, dan pemerintah dalam dunia kerja, khususnya yang terkait dengan hak, kewajiban, dan kepentingan masing-masing pihak. Berikut adalah gambaran singkat mengenai sejarahnya: 1. Revolusi Industri (abad ke-18 hingga awal abad ke-19) : Hubungan industrial mulai berkembang pada masa Revolusi Industri di Eropa, terutama di Inggris.. 2. Pembentukan Serikat Pekerja: Pada abad ke-19 , gerakan pekerja di berbagai negara mulai berkembang. Serikat pekerja didirikan untuk memperjuangkan perbai...

Keseruan Zoom Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial"

  Seminar Komunikasi dengan tema "Menciptakan Hubungan Kerja yang Harmonis: Peundingan dan Peran Para Pemangku Kepentingan dalam Menyelesaikan Konflik Industrial" Seminar ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mpu Tantular pada tanggal 20 Januari 2025.  Seminar ini membahas tentang pentingnya komunikasi, kolaborasi, dan penyelesaian konflik dalam menciptakan hubungan kerja yang harmonis.  Pembicara: Bapak Dr. Iwan Armawan, S.E.,M.E. Ibu Lasmauli Noverita Simarmata,S.H.,M.H. Materi Seminar: Pentingnya komunikasi dalam hubungan kerja Cara membangun kolaborasi yang efektif Teknik penyelesaian konflik yang konstruktif Contoh kasus dan studi kasus Peserta Seminar: Seminar ini diikuti oleh lebih dari 50 peserta, termasuk mahasiswa, dosen, dan praktisi industri. Seminar ini memberikan wawasan yang berharga tentang cara membangun hubungan kerja yang harmonis. Para peserta seminar antusias dengan materi yang disampaikan oleh par...

PERBEDAAN INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION KLASIK DAN SAAT INI

Perbedaan Integrated Marketing Communication (IMC) Klasik dengan IMC saat ini Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas apa perbedaan dari IMC Klasik dan IMC saat ini, yuk mari kita simak!      Integrated Marketing Communication (IMC) adalah strategi pemasaran yang mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi untuk mengirim pesan yang jelas, konsisten, dan meyakinkan berkenaan dengan perusahaan dan produknya.       IMC melibatkan semua divisi manajemen dengan mengintegrasikan dan mengkoordinasikan berbagai saluran komunikasi seperti iklan, promosi penjualan, publikasi, personal selling, dan pemasaran langsung secara masih dan terus-menerus untuk memberikan kejelasan, konsistensi, serta dampak komunikasi yang maksimal guna mendapatkan peningkatan penjualan. IMC Klasik IMC klasik berfokus pada pengiriman pesan yang sama di semua saluran pemasaran.  Misalnya, jika sepatu merek A memperkenalkan diri sebagai produk mewah...