Halo, bertemu lagi di blog Hukum dan Media Pers.
Apa kabar semuanya? semoga sehat selalu ya..
Kali ini fokus pembahasan kita adalah "Fungsi Karakteristik Media Massa Pers"
Apa saja sih, yang akan kita bahas? yuk.. langsung saja..
Pers mengandung dua arti :
• Arti Sempit : pers hanya merujuk kepada media cetak berkala : surat kabar, tabloid, majalah.
• Arti Luas : pers disebut media massa yang mencakup tiga hal : media cetak berkala, media
elektronik auditif radio dan media audio visual televisi dan media dalam jaringan (Online)
Internet.
Fungsi Utama Media Massa
1. Informasi (to inform) : Menyampaikan informasi secepatnya kepada masyarakat seluas-luasnya.
2. Edukasi to(educate) : Apapun informasi yang disebarluaskan pers, hendaknya dalam kerangka mendidik (edukasi)
3. Koreksi (to influence): Pers adalah pilar demokrasi keempat setelah legislative, eksekutif dan yudikatif dalam kerangka ini kehadiran pers dimaksudkan untuk mengawasi atau mengontrol kekuasaan legislatif, eksekutif, dan yudikatif agar kekuasaan mereka tidak menjadi korup dan absolut.
4. Rekreasi (to entertaint) : Pers harus mampu memerankan dirinya sebagai wahana rekreasi yang menyenangkan sekaligus yang menyehatkan bagi semua lapisan masyarakat.
5. Mediasi (to mediate) : Bisa juga disebut sebagai fasilitator atau mediator.
Karakteristik Media Pers
Terdapat lima ciri spesifik pers, yaitu:
• Periodesitas : Periodesitas berarti pers harus terbit secara teratur, periodik, misalnya
setiap hari seminggu sekali, dua minggu sekali, satu bulan sekali, atau tiga bulan sekali.
• Publisitas : Publisitas berarti pers ditunjukkan kepada khalayak secara umum yang
sangat heterogeny.
• Aktualitas : Berarti informasi apapun yang disuguhkan media pers harus
mengandung unsur kebaruan, merujuk pada peristiwa yang benar-benar baru terjadi
atau sedang terjadi. Secara jurnalistik aktualitas mengandung tiga dimensi : kalender,
waktu, masalah.
• Universitas : Sajian pers terdiri atas aneka macam yang mencakup tiga kelompok
besar, yakni kelompok berita (news), kelompok opini (views), dan kelompok iklan.
• Objektivitas : Merupakan nilai etika dan moral yang harus dipegang teguh oleh surat
kabar dalam menjalankan profesi jurnalistiknya.
setiap hari seminggu sekali, dua minggu sekali, satu bulan sekali, atau tiga bulan sekali.
• Publisitas : Publisitas berarti pers ditunjukkan kepada khalayak secara umum yang
sangat heterogeny.
• Aktualitas : Berarti informasi apapun yang disuguhkan media pers harus
mengandung unsur kebaruan, merujuk pada peristiwa yang benar-benar baru terjadi
atau sedang terjadi. Secara jurnalistik aktualitas mengandung tiga dimensi : kalender,
waktu, masalah.
• Universitas : Sajian pers terdiri atas aneka macam yang mencakup tiga kelompok
besar, yakni kelompok berita (news), kelompok opini (views), dan kelompok iklan.
• Objektivitas : Merupakan nilai etika dan moral yang harus dipegang teguh oleh surat
kabar dalam menjalankan profesi jurnalistiknya.
TIPOLOGI MEDIA MASSA
Menurut Djen Amar (1984: 32), kualitas Pers dapat diklasifikasikan kelompok lagi, yakni kelompok pers kuning (yellow newspaper) sehingga semuanya menjadi tiga kelompok:
1. Pers Berkualitas
2. Pers Populer (Populer newspaper)
3. Pers Kuning (Yellow Newspaper).
Wah, tidak terasa sampailah kita dipenghujung blog ini..
Sekarang kita sudah paham ya, Fungsi Karakteristik Media Massa Pers..
Terima Kasih bag teman-teman yang selalu setia di blog ini.
Terima Kasih😊
Sampai jumpa lagi..
Referensi dari : PPt Fungsi Karakteristik Media Massa Pers oleh Ibu SEREPINA TIUR MAIDA, S.SOS., M.PD., M.I.KOM., C.AC., C.PS., C.STMI
Komentar
Posting Komentar